Pilkada Serang, Kapolres Mewaspadai Teroris dan Bom

SERANG (Koran86.news)–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan pada 26 Juni 2018, salah satunya adalah Kota Serang, Banten. Masyarakat harus memilih calon walikota dan wakilnya. Akan tetapi, sejauh mana pengamanan aparat setempat terhadap pesta demokrasi tersebut.

Nampaknya, sebagai ujung tombak pengamanan Pilkada Walikota Serang, yakni Polres Serang Kota dan Kodim 0602 Serang, sudah bertekad untuk mewujudkan pesta demokrasi di Kota Serang berjalan lancar, aman dan damai.

Seperti dikatakan Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, persoalan pengamanan pihaknya sudah melakukan pemetaan. Yaitu pengerahan personil Bhabinkamtibmas maupun Babinsa.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk lebih meningkatkan pendekatan dan pelayanan kepada semua elemen masyarakat. Sebab, pada dasarnya dua unsur personil keamanan polisi tersebut perlu diperkenalkan kepada masyarakat. Dan sebaliknya, elemen kepolisian itupun harus mengetahui kondisi masyarakat wilayahnya.

“Jadi personil Bhabinkamtibmas harus dekat dengat dengan warga, dan harus mampu mengatasi segala permasalahannya,” papar Kapolres Serang Kota kepadawartawan, baru-baru ini.

Pada pemilihan ini, lanjut dia, pihaknya juga sudah memiliki strategi agar agenda politik itu berjalan lancar. Termasuk di antaranya dengan berkordinasi dengan pihak KPU dan Panwaslu Kota Serang. Strategi dimulai pada tahapan sejak para bakal calon mendaftar di KPU hingga gelar pelantikan calon terpilih.

“Semua tahapan Pilkada sudah tergambarkan, sehingga kami tentunya berharap pengamanan sesuai harapan banyak pihak,” kata Komarudin.

Kapolres menambahkan, terkait personil yang bakal diterjunkan pada hajat demokrasi Kota Serang, pihaknya akan mengerahkan 2/3 kekuatan yang ada. Belum lagi adanya BKO personil Brimob dan TNI. Seluruh personil keamanan akan ditempatkan di beberapa lokasi yang berkaitan dengan Pilkada.

“Penempatan personil tentunya tidak dilakukan secara merata, namun kita lihat dari karakteristik dan potensi kerawanan keamanan di daerah,” ujar Kapolres.

Untuk kelancaran rencana pengamanan, kata dia, sejauh ini Polres Serang Kota telah melakukan simulasi secara terjadwal. Baik bersama personil Brimob Banten maupun Kodim 0602 Serang. Dilakukan tidak hanya sebatas penanganan potensi ancaman pada tahapan Pilkada, tapi juga memperagakan penanganan ancaman bom maupun penyanderaan oleh sekelompok teroris.

“Simulasi ini bagian dari antisipasi menghadapi segala gangguan yang mungkin saja terjadi. Saya berharap, Pilkada Kota Serang berjalanan aman dan lancaran,” pungkas Komarudin berharap.

Liputan: Jurnalis Koran86.news Tim

Editor  :  H. Sinano Esha