Proyek Desa 2017 Baru Dikerjakan Pada 2018

KEMIRI, SERANG (Koran86.news) – Proyek Dana Desa (PDD) anggaran 2017 yang semestinya sudah selesai dikerjakan, ternyata di Desa Suka Diri. Kelurahan Patramanggala, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, malah mulai dikerjakan pada rentang 2018 ini.

Dari hasil pemantauan Jurnalis Koran86.news di lapangan, proyek perbaikan jalan warga Desa Suka Diri berupa beton block baru dikerjakan oleh pihak desa setempat.

“Jalan desa kami baru dikerjakan. Sementara jalan yang desa lain sudah lama rampung. Mestinya jalan desa kami dikerjakan pada anggaran 2017, tapi baru dimulai 2018. Apakah kucuran dananya menggunakan pagu dana 2017, atau dana 2018. Ini patut dipertanyakan,” kata Hari bernada curiga, warga setempat, kepada Jurnalis Koran86.news, baru-baru ini.

Sementara itu, Sekretaris Desa Suka Diri, Suhendra, menjelaskan perihal kenapa jalan warga itu baru dikerjakan pihaknya. “Anggaran jalan itu adalah dana PDD 2017, baru dikerjakan Pebruari 2018. Ini lantaran keterlambatan turunnya anggaran 2017, yakni November 2017.”

Banyaknya proyek desa, lanjut dia, yang dikerjakan tentunya bergantian. Tidak mungkin sekaligus dikerjakan. “Ini memang proyek desa 2017. Titik pekerjaan tersisa ini saja,” kata Suhendra.

Hal senada juga dikatakan Nurulhuda, salah satu aparat desa. “Sesuai intruksi Bapak Sobani (Kepala Desa Patramanggala), seluruh proyek 2017 harus segera diselesaikan. Meski sebagian besar sudah selesai, namun masih ada yang masih dalam pekerjaan,” jelasnya kepada Jurnalis Koran86.news melalui telepon selular, baru-baru ini.

Salah satu warga desa yang pernah mengikuti rapat aparat desa, membenarkan ada empat lokasi pekerjaan desa anggaran periode 2017. Seluruhnya dikerjakan terhitung mulai Desember 2017.

“Memang ada empat titik proyek yang dikerjakan, tapi di mana saja lokasinya saya kurang tahu persis. Kalau kucuran dananya nggak terlambat, dapat dipastikan seluruh proyek itu selesai pada 2017,” jelasnya.

Liputan: Jurnalis Koran86.news/Ozi

Editor : H. Sinano Esha